Mitra Edukasi

Marawola, Sigi - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinas Koperasi UKM) Kabupaten Sigi menggelar Pelatihan Perbengkelan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sigi. Pelatihan yang berlangsung selama delapan hari, mulai dari tanggal 23 hingga 30 Juli 2024 ini, dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementerian Koperasi UKM tahun anggaran 2024.

Bertempat di Bengkel SMKS PGRI Marawola, pelatihan ini tidak hanya memberikan keterampilan teknis perbengkelan, khususnya otomotif, tetapi juga dibekali materi penting seputar _mindset_ usaha dan strategi pengembangan usaha.

"Di era persaingan usaha yang semakin ketat, penguasaan keterampilan teknis saja tidak cukup. Dibutuhkan _mindset_ yang tepat dan strategi yang jitu agar usaha dapat berkembang dan berkelanjutan," ujar Budiman Jaya Ashari, Narasumber dan Motivator UMKM Sulawesi Tengah yang dipercayakan panitia untuk memberikan materi motivasi dan strategi berwirausaha.

Budiman menambahkan bahwa peserta diajak untuk mengenali potensi diri, membangun mental wirausaha yang tangguh, serta menerapkan strategi pemasaran yang efektif di era digital.

Praktik langsung menjadi fokus utama dalam pelatihan ini. Kepala SMKS PGRI Marawola, Harson Niode yang syarat dengan pengalaman dibidang Otomotif, turut mendampingi dan membimbing para peserta selama proses praktik di bengkel. "Kami memiliki fasilitas praktek yang lengkap dan SDM yang mumpuni di bidang otomotif. SMKS PGRI Marawola aktif bermitra dengan berbagai industri, khususnya di bidang otomotif," jelas Harson.

Arifin, SE, MM, Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sigi, menjelaskan bahwa pemilihan SMKS PGRI Marawola sebagai lokasi pelatihan didasari oleh rekam jejak dan fasilitas sekolah yang sangat mendukung proses pembelajaran praktis.

"Kami berharap peserta dapat menyerap ilmu dan keterampilan semaksimal mungkin selama pelatihan. Tujuannya agar mereka mampu membuka atau mengembangkan usaha perbengkelan secara mandiri dan meningkatkan daya saing di dunia usaha," pungkas Arifin.

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka